Thursday, August 30, 2007

Teman

Seberapa tinggi karir didaki, seberapa luas cakrawala diraih, selalu ada batas yang tak bisa dilewati.
Ini bukan batas yang menghentikan langkah; tapi batas untuk menyesuaikan makna hidup ini. Hingga langkah pun bisa jadi lebih ringan.
Bila selama ini kita mengumpulkan sesuatu, maka batas itu menuntun kita untuk merelakannya lepas dari genggaman. Sadarilah kapan saatnya batas itu tiba.

Meski ada jutaan dahan kayu di hutan, seekor burung pipit cukup membutuhkan sebatang ranting untuk menggayutkan sarangnya. Keselamatan telur-telur mereka lebih berharga dibanding seberapa banyak ranting yang bisa dikuasai.


Bagaimana kita melihat kata "cukup"? Apakah penting bagi kita memiliki kue sebanyak-banyaknya? Padahal jelas-jelas kita takkan bisa menelan lebih besar dari lubang tenggorokan.

Selalu ada batas untuk hal-hal yang dimiliki. Namun, tiada kata cukup bila kita berkenan memberi. Itulah mengapa para serdadu sejati bersedia menjadi martir di medan tempur.

No comments:

About Me

'Apabila cinta memanggilmu, ikutilah dia, walau jalannya terjal berliku-liku. Dan apabila sayapnya merangkummu, pasrahlah serta menyerah, walau pedang tersembunyi di sela sayap itu melukaimu. Dan jika dia berbicara kepadamu, percayalah, walau ucapannya membuyarkan mimpimu, bagai angin utara mengobrak-abrik pertamanan. Sebab sebagaimana cinta memahkotaimu, demikuan pula dia menyalibmu. Demi pertumbuhanmu, begitu juga pula demi pemangkasanmu. Sebagaimana dia membumbung, mengecup puncak-puncak ketinggianmu, membelai mesra ranting-ranting terlembut yang bergetar dalam cahaya matahari, demikian pula dia menghunjam ke dasar akarmu, mengguncang-guncangnya dari ikatanmu dengan tanah Demikianlah pekerti Cinta atas diri manusia, supaya kau pahami rahasia hati, dan kesadaran ini menjadikanmu segumpal hati kehidupan. Cinta tidak memberikan apa-apa, kecuali keseluruhan dirinya, utuh penuh. Pun tidak mengambil apa-apa, kecuali dari dirinya sendiri. Cinta tidak memiliki atau pun dimiliki, karena cinta telah cukup untuk cinta.

Have a Good Day

Have a Good Day